Sabtu, 02 Februari 2013

Surabaya, Saturday 9 PM

Surabaya tiap sabtu malam dari dulu memang membuatku terkesan. Dari mulai sekerumpunan orang yang meramaikan taman-taman kecil disurabaya sampai kawanan anak-anak muda dengan hobi hobi uniknya seperti sepeda kuno, skate board dan tadi ku jumpai sejenis permainan aneh. Mereka berkumpul mengitari meja, aku tak tau main apa, hanya terlihat semacam ada anak tangga, ehmmm.... dan gak ada klue lain.. hehehe... nanti yah, aku akan lewati lagi jalanan itu dan ceritakan padamu kawan.

Bagiku mall tidak menarik hatiku lagi akhir-akhir ini, entah karena aku dilanda bokek berkepanjangan hingga melihat baju dan sepatu bagus saja mataku gak hijau seperti dulu lagi atau karena memang aku dilanda galau berkepanjangan juga, sehingga segala hal terasa membosankan kalau gak ada dia... cie. tapi aku lebih memilih opsi pertama saja. Buktinya aku tetep bahagia tanpa dia, aku bahagia melihat pemandangan surabaya malam itu. Lampu yang berwarna warni dari gedung gedung mall membuat sungai dipinggir musium kapal selam itu begitu indah. Baner bermacam-macam mulai dari iklannya XL yang gedhenya amit-amit sampai iklannya nidji yang terbang bersama citilinknya, membuatku sadar betapa indahnya kota surabaya ku ini.... Kota surabaya yang besar bersama orang-orang yang besar dan membesarkan orang-orang yang tinggal hidup disana...

Malem itu hampir saja gue nubruk orang. Sapa yang salah? DIA, bapak gendut itu. Saat itu waktunya arusku yang lampu hijau dan dia tanpa merasa bersalah nyelonong motong jalan. Gini neh, sepeda motor kalau berhenti dilampu merah sukanya maju maju sampai melewati zebra cross dan sampai lampu merahnya gak kelihatan... Gue semprot aja tuh orang. tapi yang bikin gue gregeten, tuh orang kagak ada takut takutnya atau merasa bersalah cobak... emang yah orang surabaya kalau gak dipisuhi Jan*** kagak bakal nancep dihatinya, dianggepnya angin doang. Ini pelajaran buat kamu kawan kalau hidup diSurabaya, misoh dianggap wajar, sebagai bentuk marah pada seseorang. Tapi gue salut sama tradisi ini, tradisi yang blak blak ini yang membuat orang surabaya berbeda dengan solo/jogja dan sekitarnya, yang menerapkan tradisi sopan tapi "mbendol" mburi. Kalau surabaya, habis meso ya meso, udah selesai plong rasanya gak ada beban....

Dipinggir bagian barat laut surabaya, pemandangannya sungguh sangat ironi, jalanan sepi, lampu tak banyak yang menyala, hanya gedung-gedung tua peninggalan kolonial Belanda. Inilah sisi unik lain dari surabaya, melewati jalanan ini aku serasa terbawa ke jaman Belanda kawan. Oh ya aku ini semacam takut sama hal-hal paranoid seperti itu kawan, jadi lebih baik kita cerita yang lain saja yah...

Semakin ke barat pemandangan yang aku dapatkan makin menyebalkan tapi tetep unik bagi orang-orang yang kerjaannya berdiam dikos mulu menikmati kegalauan. Disini banyak trek tron tron kawan. Namanya jalan kalianak, kalau dikira-kira ada sekitar 20 km an. Jalan ini sudah memakan banyak nyawa, kemarin bu kos sempet wanti wanti, kalau pulang ke gresik jangan malem-malem soalnya tetangganya ada yang meninggal keseret trek tron tron... Innalillahhiwainnaillahirojiun. Bukannya aku bandel ya buk, tapi tuntutan pekerjaan e. Dan aku harus pulang malem ini karena harus siap-siap buat hiking besok. Kawan, kalau kau tanya apa yang kau lakukan sepanjang jalan ini selain nyetir motor? jawabannya adalah jalanan ini pas sekali untuk menikmati kegalauan. Galau kuliah, galau kerjaan, galau sidang, dan yang paling sering ya galau cowok lah. Pikiran sama badan tuh rasanya sudah beda tempat. Tak jarang lo aku nangis saat nyetir ngelewati jalanan ini, gak tau kenapa yah, jangan-jangan jalanan ini isinya hantu-hantu juliet yang digantung sama romeonya.... hahaha.

Habis bergalau galau sejenak, akhirnya pikiran disadarkan dengan jembatan yang dari jaman puasaan kemarin sampe sekarang gak kelar kelar. Alhasil sama penduduk sekitar dibuat sistem buka tutup. Dari suasana galau akhirnya jadi suasana bad mood karena macet dan dipalak in terus sama karang taruna ini. Perasaan neh jembatan gak gedhe-gedhe amat, cuma sekitar 10 meter, tapi kok ya lama amit pembangunannya yah, dikorupsi apa yak. Pak dhe karwo, benerin ta jembatan ini. Neh jembatan kan akses jalan satu satunya tercepat surabaya gresik. Gini neh jadinya lose time....Huhh, ngomongin ngeluh kagak ada berhenti-berhentinya kawan. Semoga jembatan itu cepet kelar ya ALLAHH.

Dan perjalanan surabaya-gresik ini ditutup sama pemandangan gapura gresik yang megah khas sunan giri. Inilah surabaya sabtu malam... Aku harap bisa melihat sisi unik lain dari surabaya... Miss u Surabaya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar